Resep Sambal Tempe Sederhana

Bahan-Bahan:



- 200 gram tempe


- 5 buah cabai merah


- 3 siung bawang putih


- 1 sendok makan air asam jawa


- 1 sendok teh garam


- 1 sendok makan minyak goreng



Cara Membuat:



1. Potong tempe menjadi kecil-kecil, lalu goreng hingga kecoklatan.


2. Iris cabai merah dan bawang putih tipis-tipis.


3. Panaskan minyak goreng, lalu tumis cabai merah dan bawang putih hingga harum.


4. Masukkan air asam jawa dan garam, aduk rata.


5. Tambahkan tempe yang sudah digoreng, aduk hingga merata dan matang.


6. Angkat dan siap disajikan.



Informasi Nutrisi:



Sambal Tempe ini mengandung kalori sebanyak 182. Lemak sebanyak 10 gram, karbohidrat sebanyak 14 gram, dan protein sebanyak 10 gram.



Komentar:



Sambal Tempe Sederhana ini adalah salah satu makanan yang sangat lezat dan mudah dibuat. Selain itu, tempe juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan seperti membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan sistem pencernaan. Sambal Tempe ini cocok disajikan dengan nasi putih dan sayur-sayuran sebagai menu makan siang atau malam. Jangan lupa untuk mencobanya di rumah ya!



Tip:



Agar sambal tempe lebih pedas, bisa ditambahkan cabai rawit. Namun, jika tidak suka pedas, cabai merah dapat dihilangkan atau diganti dengan paprika merah.



Variasi:



Untuk variasi, bisa menambahkan bahan-bahan seperti daun jeruk, daun salam atau serai untuk aroma yang lebih khas. Anda juga bisa menambahkan sedikit gula atau kecap manis agar rasanya lebih gurih.



Pilihan Makanan Sehat Lain:



Jika Anda ingin mencoba makanan sehat lain, Anda bisa mencoba salad sayuran dengan dressing lemon. Salad ini mengandung banyak serat dan vitamin yang baik untuk tubuh Anda.


close